Kegiatan Pra Seminar Hasil Penelitian Tahap II tahun 2017 (bagian 1)

Kegiatan Seminar Awal Penelitian Tahap Kedua

Balai Litbang Agama Makasssar

Salah satu rangkaian dari proses peneliatian diantaranya adalah pemaparan hasil temuan lapangan melalui Pra Seminar Awal.

Penelitian tahap kedua dari 3 bidang kajian BLAM Makassar, pada penelitian tahap kedua terdapat 6 tema penelitian. Yakni :

  1. Pemetaan Madrasah Aliyah Di Prov. Sultra
  2. Indeks Layanan Pendidikan Agama di SMA di Wilayah Sulawesi
  3. Peran orang Arab dalam pendidikan Keagamaan
  4. Peran Migran Bugis dalam Pengembangan Pendidikan Keagamaan di Perantauan
  5. Monografi sosial budaya haji di KTI
  6. Pemetaan Kelompok Keagamaan di Prov. Gorontalo

Hari Pertama, Rabu, 6 September. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Penelitian Agama Makassar. Kepala Balai mengucapkan terima kasih kepada peneliti Balai Litbang Agama Makassar telah melakukan serangkaian proses kegiatan penelitian dari pembahasan desain operasional hingga sampai hari ini. Demikian pula kepada Tim Pemuka yang telah melakukan pembimbingan di lokasi penelitian. Kegiatan seminar awal/pra seminar diawali oleh Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan dengan tema “ Pemetaan Kualitas Madrasah Aliyah di Sultra”. Penelitian ini dilakukan diseluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sultra dengan menyasar seluruh MA yang ada berjumlah 124 Madrasah Aliyah (Negeri dan Swasta).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kualitas  Madrasah Aliyah mencapai Standar Nasional Pendidikan adalah 66,24% dan berada ada kategori tinggi.

Dari sembilan variaber yang diamati variabel yang terkategori:

  1. Kategori :sangat tinggi yakni veriabel  penilaian;
  2. Kategori :Tinggi yakni variabel : kurikulum, kelulusan, Proses, standar pendidikan,pengegolaan dan pembiayaan sedangkan

Kategori : Rendah yakni variabel  sarana dan prasarana dan pengembangan ciri khas madrasah.